Akhirnya, Daftar Caleg Sementara Pemilu 2009! Aktif!

Tombol 'download' di situs DCS-KPU tidak aktif

Tombol download DCS yang akhirnya aktif!

Akhirnya, KPU merilis DCS sementara Pemilu 2009. Tampilannya sangat sederhana, sehingga kita tidak bisa melihat apa-apa selain drop-down menu untuk mengunduh daftar yang kita inginkan. Nah, pas waktu mau kami unduh, ternyata GAGAL TOTAL! Waktu menunjukkan pukul 10.46 WIB, dan kami menggunakan browser Mozilla Firefox. Sialnya, ketika kami pilih salah satu daerah pemilihan dan memilih nama partai yang diinginkan, tombol download-nya TIDAK AKTIF! Sedangkan bagian DPD kami bisa unduh beberapa daftar yang berupa dokumen elektronik ber-ekstensi .pdf. Ada apakah ini KPU? Apakah ada yang salah dengan cara kami mengunduh?

Ternyata memang begitulah keadaannya saat ini. Kompas.com juga melaporkan, bahwa daftar DCS DPR RI memang belum bisa diakses. Berikut kutipan dari kompas.com:

Namun, nama Daftar Calon Anggota Legislatif (Caleg) Sementara (DCS) untuk anggota DPR RI yang ditetapkan oleh KPU tersebut, sampai Jumat (26/9) tengah malam dengan pukul 23.00 WIB belum dapat diakses oleh masyarakat umum di situs resmi KPU www.kpu.go.id. Hingga malam ini, hanya DCS Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI yang berjumlah 1.127 orang yang bisa dilihat.

Komisi Pemilihan Umum akhirnya mencoret 2.152 calon anggota legislatif dari 38 partai politik peserta Pemilu 2009. KPU telah memverifikasi 14.020 caleg dan setelah diverifikasi jumlah itu tinggal 11.868 caleg dari 38 partai politik peserta Pemilihan Umum 2009. Partai Hanura mengajukan caleg paling banyak, yaitu 673 orang, atau lebih banyak daripada 120 persen jumlah kursi DPR. KPU juga menetapkan 1.127 calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dari 33 provinsi. Adapun calon anggota DPD yang paling banyak berasal dari Provinsi Banten, yaitu 69 calon. Demikian laporan dari kompas.com.

Penetapan DCS dan calon anggota DPD itu dilakukan dalam rapat pleno terbuka KPU di Hotel Sahid Jaya, Jakarta, Jumat malam. Rapat dipimpin Ketua KPU Hafiz Azhary dan dihadiri semua anggota KPU, serta perwakilan partai politik, dan Bawaslu.

Sementara itu, KPK menyayangkan karena ribuan caleg yang diverifikasi itu, tidak termasuk verifikasi mengenai laporan kekayaan masing-masing caleg. Padahal, dari informasi itu bisa ditelusuri apakah si caleg itu pernah korupsi atau tidak. Simak beritanya di detiknews.com.

Sambil menunggu file-file itu terunduh, kami akan coba download semua daftar yang ada, dan memajang daftar nama itu disini. Semoga bisa memudahkan Anda.

Lihat juga: Informasi yang Disampaikan Caleg Partai ke KPU

  • UPDATE (28/09/08): Web KPU sudah online. Saatnya mengunduh daftar-daftar tersebut, dan memasangnya! Sabar ya, kami akan pasang semua daftar tersebut disini! Tapi sayang, tidak ada foto dari masing-masing caleg. Hanya ada nama! Itu saja masih harus dicocokkan oleh KPU, karena masih banyak yang salah… Kalau data-data DPD masih mending, ada fotonya… Dasar KPU!
  • UPDATE (29/09/08): kompas.com melaporkan, bahwa jumlah DCS yang terakhir bukanlah 11.868 dari 38 parpol, tapi 11.512 caleg.
  • UPDATE (06/10/08): DCS melalui media massa akan disampaikan pada Senin 6 Oktober 2008. Demikian laporan inilah.com. Menurut KPU, foto-foto caleg memang tidak dilengkapi oleh partai yang mengirimkan berkasnya, jadi untuk setiap daftar tidak diberi foto caleg. Baca juga bagian KPU membantah telah mengkhianati UU Pemilu.
  • UPDATE (06/10/08): KPU mengupdate tampilan daftar DCS-nya yang lalu. Kini, kalau Anda klik sesuai data yang Anda inginkan, akan tampil tabel berisi daftar DCS yang dimaksud di sebelah kanan halaman. Coba periksa tampilannya disini.
  • UPDATE (07/10/08): Jakarta, Kompas – Komisi Pemilihan Umum atau KPU berencana mengumumkan Daftar Calon Sementara atau DCS di media cetak dan media elektronik mulai Selasa (7/10) ini sampai dengan tanggal 14 Oktober 2008. Sebelumnya KPU menjadwalkan pengumuman berakhir pada 9 Oktober 2008.
About these ads

38 thoughts on “Akhirnya, Daftar Caleg Sementara Pemilu 2009! Aktif!

  1. Kalo saja di daftar DCS DPR, nongol politikus busuk, wah bahaya….!!!!, mana akses informasi ke masyarakat terbatas untuk mengenal mana yang busuk & yang bagus (politikus). Sementara pemilih terbesar ada didaerah pedesaan,; akses informasi (apalagi internet) tidak ada. Saat ini hanya blog saya pikir media yang dapat secara terbuka memberi informasi secara terbuka, lengkap dan berani…

    Mohon MAMPUS segera mengklasifikasi para politikus Busuk, biar publik pada tahu…, bila perlu kita bersatu para komponen pro rakyat untuk berkampanye jangan pilih si a, si b, dst…karena mereka busuk…

    merdeka…

    Betul bung. Minimnya informasi yang diberikan KPU sungguh membuatkita semua kecewa. Belum lagi kalau menilik formulir caleg, yang memang isinya sangat normatif, tidak bisa digunakan sebagai data yang valid mengenai ‘kebusukan’ atau ‘kebaikan’ caleg-valeg tersebut. Semuanya akan sangat tergantung media massa…
    Terima kasih sudah berkunjung…

  2. gimana mau laporkan and ngasih komentar… klo daftar caleg aja gak muncul2…. di tunggu bossssssssssssssss

    Begitulah bos. Sampai detik ini belum aktif juga web kpu buat download daftar caleg-nya… Hmm.. mungkin tim IT KPU lagi libur lebaran bos… :D
    Thanks udah mampir!

  3. Memang mesti kritis dalam mengikuti perkembangan caleg dan politik busuk. Tapi kejujuran dan kontrol emosi juga sangat penting dari kita yang memberikan laporan maupun kritik. Dan perlu dinggat, ketika benci jangan ada kedengkian dan ketika cinta jangan kehilangan akal sehat.

    Selat berjuang!

    Terima kasih bung! Akal sehat memang harus menjadi bagian dalam Pemilu ini.

  4. biar bagaimanapun golput juga sikap politik yang harus dihargai. tidak selamanya yg golput itu apatis terhadap perubahan. boleh jadi mereka justru org2 yg punya prinsip lain, misalnya mereka menganggap bahwa metode perubahan tdk harus melalui pemilu dan parlemen. bisa aja kan?

    pondok24.wordpress.com

    eh ngomong2 kok gambar avatar kita sama ya?

  5. jangan senang dulu, lihat datanya, hanya 5 – 6 partai yang nongol. Partai yang lain datanya kemana?

    Betul bung, ada partai yang datanya halaman kosong. Thanks atas infonya!

  6. harusnya kpu itu harus propesional termasuk perangkat yang ada dibawahnya. Apapun alasannya jika sudah sempat dilontarkan kemasyarakat umum, wajibi hukumnya untuk dilaksanakan, contohnya : disalah satu koran kpu mengatakan masyrakat umum dapat mengakses data semua daftar nama DCS 2009 disalah satu koran nasional atau via situs KPU tanggal 27 September 2009, tp kenyataannya hingga tanggal 29 septembet 2009, pukul 9.15 Wib data tersebut tidak dpt diakses, artinya KPU tidak dapat bekerja secara profesional padahal KPU itu lembaga resmi dan yg duduk disitu adalah orang-orang pilihan mohon penjelasannya, terimakasih.

    Harusnya, sih begitu nona. Yang paling mengecewakan memang itu, ketidakprofesionalan mereka yang sudah dibayar untuk mengerjakan itu. Tapi mungkin juga KPU kehabisan orang, mengurusi data sedemikian penting pasti butuh banyak personel. Seharusnya hal itu sudah dipertimbangkan sejak awal. Kalau tidak, maka para pengurusnya yang tidak becus bikin perencanaan. Kira-kira begitu kali ya…

  7. Padahal denger-denger bujetnya 4,7 milyar lho!

    apa benar website KPU berbandrol segitu?
    Apakah benar website yang dibuat dengan program gratis (Joomla) bisa segitu mahalnya..????
    Patut di bikin MAMPUS neeh kalo benar…..

    Ralat: Berdasarkan laporan media indonesia.com, server KPU bukannya 4,7M, tapi 50M! Silakan periksa disini. Jangan dibikin mampus bos, lha wong ‘hidupnya’ aja gak bener… :D

  8. Betul, sampai detik terakhir saya buka tanggal 30 ini, gak pernah berhasil.
    Programernya kurang canggih ato memang orang KPU gak pernah ngecek..???*!@#$%^&

  9. LHO KAYAK GAK TAHU AJA SI MAS INI, KAN KPU TERIMANYA BONGKOKAN DARI WEB DESIDNER, DICOBA CUMAN YANG DEPAN2 AJA………………
    SAYA YAKIN GAK ADA ORANG KPU YANG SENENG NGECEK2 APA LAGI NGEBLOG……..
    GUIIILA YACH…?????????

  10. Bulan puasa menguji kita untuk bersabar. masalah keterlambatan ini juga merupakan ujian bagi kita untuk TETAP BERSABAR. Marilah kita semua berBAIK SANGKA BAHWA KETERLAMBATAN WEB KPU UNTUK BERFUNGSI DENGAN BAIK KARENA KESIBUKAN MEREKA YANG LUAR BIASA DI AKHIR BULAN INI.

    JUGA MARILAH KITA BERSAMA2 BERDO’A AGAR TANGAN2 TRAMPIL YANG DIPERCAYA KPU BISA DENGAN CEPAT MENAMPILKAN DCS INI…..

    Hehe… Pendapat yang bijaksana. Tapi akal sehat harus tetap dikedepankan, pak. Kalender ramadhan kita kan sudah jelas, bahkan dari tahun kemarin. Kalau membuat perencanaan, ya mbok ngitung kalender. mosok kerjaan yang load-nya berat dipasang pas lebaran? Ini menurut kami perencanaan yang tidak masuk akal. Mereka orang-orang pintar yang biasa berorganisasi kan? Satu hal lagi. Ini menyangkut hajat hidup orang banyak, jadi amanah yang dijalankan KPU bukan sekedar cobaan bagi kita, tapi juga bisa menjadi laknat dari Allah kalau tidak dijalankan dengan amanah pula…

  11. Setuju dengan pak hernowo yang telah bisa memberikan suasana adem di hati kita……

    Ngomong-ngomong, dilihat dari nama dan foto yang terpampang ,Benarkah pak Hernowo ini yang nulis usulan penyelesaian Reverse Squeeze Cementing untuk Mud Flow LAPINDO (Lula binti Lusi) di blog nya pak Rovicky?. Salam ketemu di sini pak. Semoga tetep sehat selalu…..

  12. Mampus….
    tolong dulu koordinasikan ke KPU, saya yakin mereka belum terbiasa dengan teknologi informasi, itu yang pertama. Yang kedua, ternyata yang ada di KPU lamban semua dalam bekerja. Maklumlah mereka hanya mau mengkalkulasikan berapa uang yang masuk ke kantong sebagai anggota KPU. Yang ketiga, tindakan2 KPU yang selalu telat, tidak tegas dan tidak konsisten, tentu akan meningkatkan eskalasi politik nasional, dan tidak mungkin, konflik bisa terjadi dimana KPU menjadi pemicu utama.

    salam.

  13. Memang ternyata sampai saat ini(4 OKTOBER 2008) DCS belum bisa diakses secara sempurna. Sesungguhnya masyarakat ingin melihat calon anggota DPRRI, DPRD dan DPD yang ditetapkan KPU dengan harapan dapat mengakses situs resmi KPU di http://www.kpu.go.id. Kemudian klik pengumuman Daftar Calon Sementara (DCS) DPR dan DPD untuk pemilu 2009.
    Setelah itu, silahkan masukkan pilihan daftar calon anggota DPD mana yang akan anda lihat. Klik Download maka akan didapatkan nama calon yang anda kehendaki.

    Namun nyatanya sekali lagi, DCS caleg DPR/DPRD masih belum bisa diakses dengan baik. Down load yang timbul hanya mengarahkan ke http://www.caleg-pemilu2009.info/caleg.php dan kemudian gak muncul apa2. alias putih melulu.

    Sedangkan Down load yang timbul untuk DPD hanya menDown load dl.php dengan carrier wordpad yang juga KOSONG MELOMPONG. Astaghfirrullahaladziem……………….
    kok begityu ya..???$%^&@#$

    Kami sempat mendownload beberapa nama caleg, dan ada yang sudah kami pasang di blog. Coba lihat http://mampus.wordpress.com/2008/09/29/dcs-dpr-ri-dari-dapil-nad-ii/ Tapi masih banyak daftar caleg dari partai tertentu yang tidak ada isinya, seolah-olah partai tersebut tidak menyerahkan nama caleg untuk dapil tersebut. Uhm…

  14. Hingga saat ini tgl. 4 Okt 2008, saya belum bisa akses DCS dari situs KPU : http://www.caleg-pemilu2009.info/caleg.php. Kecuali sy bisa akses dara Partai Hanura saja, partai lain belum bisa diakses.

    Sayua tidak tahu apakah saya salah akses atau memang KPU belum upload data dapil per partai … padahal untuk sosialisasi ini anggran sampai 2 miliar lebih.
    Jadi apa kerjanya KPU jika benar data tsb belum bisa diakses di situs tsb.

    Apakah ada permainan dari partai2 yg mengajukan caleg2 bermasalah,… shg masyarakat tdk sempat mengirimkan pengaduan. Tapi kenapa khusus DCS parrai Hanura kok sdh muncul…

    Kami kira tidak segitunya. Masih belum ada penjelasan yang konkrit dari media massa mengenai ‘kekacauan’ ini… Jadi, semuanya serba spekulasi. Kita tunggu saja, apa yang akan terjadi nanti…

  15. Saya mengusulkan caleg bentukan dari Golput membentuk partai independen menawarkan tokoh yang terbukti kebaikannya di hati rakyat. Seperti syeh puji dari Ungaran, secara gak tanggung-tanggung membagikan zakat 1,3 M dll yang kecil kemungkinan bila jadi legislatif merugikan rakyat.

    http://iwanmalik.wordpress.com

  16. bravo MAMPUS, Desak terus Kpu dengan DCS nya. Masyarakat butuh informasi, jadi jangan disembunyikan sesuatu yang busuk itu dengan cara yang busuk.

    Makasih bung… Namanya kok mirip-mirip orang terkenal ya, situ sodaranya yah? :D

  17. saya sangat kecewa sekali kepada KPU, seharusnya KPU harus vulgar dalam memberikan nama-nama DCS DPR-RI , sehingga masyarakat benar2 selektif dlm memilih wakil rakyat, kalau sudah begini, bisa2 rakyat memilih kucing dlm karung, cerita lama kan terulang kembali.

    mengenai koata 30% yg diberikan utk perempuan, jangan di jadikan suatu ajang yang hanya memeriahkan pesta demokrasi. ini saya katakan krn sangat beralasan, hal ini terbukti memberian nomor urut kpd perempuan masih nomor sepatu, walau pun ada nomor urut yg rendah, tetapi daerah pemilihannya minoritas.

  18. sekedar saran buat KPU.harusnya lebih jeli dalam seleksi Caleg .aturan main hrs jelas dong..jangan biarkan politisi2 busuk kita berkeliaran menarik simpati masyarakat dgn cara bagi2 uang,dan janji2 manis..Rakyat hrs diberi pendidikan politik praktis agar tdk mudah tergiur dgn uang atau juga rakyat jan sampai mendapat tekanan dari pihak2 penguasa yg memaksakan kehendak agar memilih salah satu calon dari KRONI mereka.Ini adalah lagu lama direpublik yg tercinta ini.Nah..sekarang saatnya kt merubah THE BADS HABBIT tsb.and…sistem 30% juga hrs jelas dong.kalaulah yg bakal terpilih nanti berdasar no urut dan org nya pun itu2 juga lagi,mendingan kagak usah diadakan PEMILU, pemborosan uang negara aja kan…

  19. selamat mengikuti pemilu 2009, dan selamat pula bagi pemenang yang berhasil duduk di Senayan, semoga tambah lucu dan tambah populer

    Huehehe kok lucu sih? Badut kali ya…

  20. Insya Alloh Caleg DPD No 1 bersih dan independen. no 1 Abdul Radjak H, DR< DSOG, doakan ya sahabat semua.. semoga bisa membawa jakarta ke arah lebih sehat, baik jasmani maupun rohani.

    Amin. Ditunggu aksinya, bukan korupsinya yah… :D

  21. saya keluarga GERINDRA yang berdomisili di dapil IV,Saya cuma pengen tau nama2 caleg DPRRI dan DPD IV,TAPI YANG BISA di DONLOT cuma 3 nama, tolong beritahu saya alamat yang tepat, trims.

    Saya tidak tau persis, apakah 3 nama itu saja yang memang resmi menjadi DCT untuk DPR-RI dari Jateng Dapil IV. Menurut saya, GERINDRA memang cuma punya 3 nama disitu. Jadi bukan masalah donlot.

  22. caleg yang akan kita pilih itupunh kalua kita suka bersih dari para penipu untuk dirinya sendari saja sudah nipu apalagi kepada orang banyak coba teliti kembali CV masing2 caleg jangan sampai ada penipu jadi caleg

  23. Salam Untuk para calon wakil rakyat NKRI tercinta ini,
    Saya harapkan para Wakil Rakyat benar2 mendalami suatu makna yaitu: KEJUJURAN
    karena dari tahun ke tahun dari masa ke masa NKRI semakin terpuruk bilamana para wakil Rakyat sudah lupa dengan yang namannya KEJUJURAN yang mana Kejujuran bukanlah untuk janji semata tapi harus muncul dari dalam hati yang paling dalam dan tulus iklas mengabdi kepada Rakyat….
    Salam hormat Saya UNTUK PARA WAKIL RAKYAT
    PERJUANGAN KALIAN SEMUA MENENTUKAN NASIB BANGSA DAN ANAK CUCU KITA KELAK.

    Bagaimana kita bisa tau caleg yang berjuang untuk rakyat, atau hanya untuk kantongnya sendiri?

  24. wah gimana nih kpu udah dibayar mahal kerja ndak becus…. caleg kan ada caleg DPR, DPR I dan DPR II, mana daftarnya? masyarakat mau lihat calegnya aja susah.. kira kira jadi ndak ya? pemilunya?????

  25. KPU lambat di pusat aja belum ketahuan siapa DPR yang terpilih ayo KPU berjuang terus….tolong biar saya tahu siapa yang terpilih DPR DKI III Wilayah Jakarta Barat,Jakarta cepatUtara,kepuluan Seribu,……ayo… cepat Tunjukkan kinerja yang pusat baru ke daerah akan di ikutan…..

  26. KPU memang bobrok, ngitung duit aja yang tau padahal kerja gak becus
    masa KPU memaksa rakyatnya jadi WNA sih, Dimana otak orang2 KPU

  27. H.LIA NOOR HAMBALI sudah saatnya anda legowo dari kursi empuk. kasih kesempatan orang lain.
    bukan ngga ada yang milih sodara tapi Allah telah membuka hati kepada masyarakat. Allah lebih sayang anda duduk dirumah daripada duduk di kursi dewan…… tapi jangan lupa pa lia. mobilmya dikembalikan yah.

    • Emang udah kembali lagi dia untuk di kursi empuk..kasian ya PKB hak nya diambil oleh orang yg jelas2 statusnya masih menjadi buruan KPK..aduh KPU gimana ni tidak bisa mempertanggung jawabkannya..zaman skarang tuh uang mengalahkan keadilan dan kejujuran,,gimana kota bandung mau maju klo para wakil rakyatnya seperti itu huhu..

  28. ko bisa ya Lia noer hambali bisa lolos ke kursi dewan lagi padahal kan dia sudah jelas-jelas melakukan kecurangan..jangan2 ada udang dibalik batu ni..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s