Masyarakat Peduli Politikus Busuk

Ternyata banyak kok yang peduli dengan kualitas calon politisi kita. Ini ada pengunjung blog ini yang juga menulis tentang politisi busuk, dan blognya juga bicara seputar politisi busuk. Berikut salah satu kutipan dari artikelnya:

Gelar politisi jenis ini diberikan pada pejabat Negara, anggota parlemen ataupun calon legislatif yang ikut andil dalam pencemaran dan perusakan lingkungan; pembalakan liar, pelaku kekerasan HAM atau yang memberi perlindungan terhadap pelanggar HAM; pelaku KDRT dan diskriminasi hak perempuan; pengguna dan pengedar narkoba; serta para penggusur hunian rakyat. Akar dari semuanya adalah apa yang kita sebut dengan Korupsi Politik.

Meminjam istilah Liman dan Eithen, political corruption is defined as “any illegal or political gain”. Corruption occurs then, to accomplish one of two goals-material gain on power. Di sini, Liman dan Eithen berbicara dalam konteks politik Amerika Serikat. Mereka menegaskan korupsi politik di AS merupakan bagian nyata dari kejahatan politik yang berlangsung ditengah kehidupan sosial. Ada begitu banyak varian dari korupsi tipe ini, namun yang pasti ia tumbuh dalam kondisi politik yang buruk, ketika jabatan dan posisi politik disalahgunakan untuk mencapai sesuatu yang melawan hukum.

Uraian ini sungguh cocok dengan kondisi bangsa kita belakangan ini. Sudah saatnya “konsumen adalah raja” diwujudkan dalam proses pemilu. Dengan mulai berkumpul, dan saling berbagi informasi, rasa-rasanya tidak mustahil kita bisa mencapai sesuatu dengan gerakan yang sederhana ini. Terima kasih Mas FEBRI DIANSYAH! Disini juga ada blog lainnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s