Rizal Mallarangeng, Generasi Harapan

Ini calon presiden yang sangat pede dengan konsep-konsep baru dan pendekatan baru ala Barack Obama. Memanfaatkan teknologi informasi, beliau ini semangat bener memproklamirkan dirinya sebagai capres. Rizal Mallarangeng lahir pada tanggal 29 Oktober 1964 di Makassar, Sulawesi Selatan. Kedua orangtuanya, baik ayah, Andi Mallarangeng maupun ibunya, Andi Asny, masih tergolong kerabat bangsawan Kerajaan Bone. Bahkan kakek buyutnya dari pihak ibu, La Temu Page Arung Labuaja, adalah seorang Panglima Perang terakhir Kerajaan Bone yang bertahan secara heroik sampai batas akhir, saat menghadapi invasi Belanda.

Rizal kecil yang akrab dengan sapaan Celli sudah harus berpisah dari ayahnya sejak usia 7 tahun. Ayahnya, Andi Mallarangeng, adalah seorang walikota Parepare. Beliau meninggal dunia karena serangan jantung, pada April 1972, hanya beberapa hari sebelum ia meletakkan jabatannya.

Salah satu bentuk komitment nyata Rizal pada kemanusiaan diwujudkannya dengan bergabung dalam misi perdamaian yang dikenal dengan sebutan human shields pada tahun 1991. Saat itu Rizal berangkat bersama sahabatnya dari UGM, Taufik Rahzen dan wartawan Kompas, Satrio Arismunandar ke perbatasan Iraq-Jordania guna mencegah terjadinya Perang Teluk I.

Rizal berhasil lulus dari FISIP-UGM dengan nilai yang sangat memuaskan. Prestasinya di UGM mengantarkannya meraih beasiswa Fulbright untuk melanjutkan sekolah ke luar negeri. Dia memilih Ohio State University (OSU), salah satu universitas terbaik di AS dalam bidang comparative politics. Di universitas ini ada Profesor William Liddle, ahli Indonesia ternama, yang kemudian menjadi pembimbing dan sekaligus mentornya.

Profil lengkapnya ada disini.

Pranala luar:

Reblog this post [with Zemanta]

5 thoughts on “Rizal Mallarangeng, Generasi Harapan

  1. Hedonis, hidup di awang2 terus ga mengakar sama sekali dg rakyat indonesia..bener dia pernah mo cegah perang teluk.. aq jg baca buku kecil RM.. Tapi ngeliat gaya bicara dia yg barat minded,apa Bedanya dg si CINTA LAURA! pesinetron tv..perasaan aq jg bertahun2 di LN..tp jati diri aku tetep INDONESIA TULEN dan Bangga! Mau kayak barack obama? cukur dulu tuh kumis…

    Hehehe… santai aja bung. Jangan kalap gitu… Beliau ini memang berhak menjadi calon presiden. Rakyatlah yang akan menentukan, siapa yang layak… Rakyat yang pintar dan memilih dengan akal sehat…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s