Kenapa Caleg Perempuan, Penting?

Dalam pemberitaan di media massa, seringkali daftar caleg sementara dari partai dipermasalahkan karena tidak memenuhi kuota caleg perempuan dari partainya. Kenapa demikian? Dalam UU No. 10 Tahun 2008 Tentang Pemilu, terutama Pasal 8, dinyatakan dengan jelas bahwa Partai Politik dapat menjadi peserta pemilu, di antaranya jika menyertakan sekurang-kurangnya 30% keterwakilan perempuan dalam kepengurusan partai politik tingkat pusat. 

Menurut laporan inilah.com daftar caleg perempuan, Sabtu (27/9) direncanakan akan diumumkan. Hal ini setelah sebelumnya pengumuman sempat tertunda karena belum ada kepastian daftar nama. Pengumuman daftar caleg perempuan sedianya akan dilakukan pada Jumat (26/9). Namun akhirnya ditunda karena belum pastinya data-data daftar nama caleg perempuan tersebut. Dari data-data yang sudah masuk, baru 15 partai politik yang memenuhi keterwakilan perempuan.

Endang Sulastri, anggota KPU, sebelumnya menjelaskan, masih memvalidasi data-data yang masuk ke komisinya. Sebab, Partai Patriot belum memenuhi kuota 30%. Walaupun begitu, berdasarkan UU No 10/2008 memang tidak ada sanksi bagi parpol yang tidak memenuhi kuota 30% untuk perempuan.

Jadi, kalau ada partai yang tidak mampu memenuhi kuota ini, maka partai itu tidak berhak menjadi peserta pemilu. Ke laut aja deh…!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s