Kebijakan KPU soal Pengaduan DCS, Absurd!

Kalau Anda perhatikan kotak kecil di bagian kiri bawah website KPU soal tanggapan masyarakat terhadap daftar caleg yang dipasang tapi nggak beres-beres datanya, disitu tertulis bahwa tanggapan paling lambat 10 hari setelah diumumkan. Andaikan saja bahwa KPU menganggap tanggal pengumumannya tangal 26 September 2008, seperti yang mereka janjikan di media massa (meskipun sampai tangal 28 masih banyak yang kpmplain karena tidak bisa juga didonlot), maka 10 hari setelah tanggal 26 kira-kira tanggal 5 atau 6 Oktober 2008.  Tanggal 5 adalah hari Minggu, dan tanggal 6 adalah Hari Senin.

Lha, di tenggang waktu yang disediakan KPU, itu adalah hari libur lebaran. Pasti hanya segelintir orang yang masih berpikir mengenai daftar caleg, bahkan di media massa berita sudah bergeser ke kemacetan pantura dan kenaikan harga bahan pokok. Lalu apa yang dimaksud dengan kebijakan macam begini? KPU sudah gila? Atau tidak punya otak? Sungguh absurd…

Ini sesuai benar dengan kekhawatiran beberapa pihak, termasuk KPK yang menyayangkan informasi KPU tentang DCS ini sangat minim, tanpa menyertakan informasi mengenai kekayaan caleg. Dari file yang sudah kami unduh, hanya ada daftar nama, tanpa foto. kompas.com melaporkan, info yang dipampang di KPU juga belum menertakan foto. KPU berjanji setelah lebaran baru fotonya dipampang. Setelah lebaran, artinya setelah tanggal 3. Maka masyarakat cuma punya waktu 2-3 hari untuk membuat pengaduan. Uhm…

  • UPDATE (29/09/08): KPU menurut kompas.com menerima pengaduan terhadap DCS paling lambat tanggal 9 Oktober 2008. KPU hanya akan menerima masukan masyarakat dalam bentuk tertulis yang diajukan ke Ketua KPU dengan dilengkapi identitas diri dan bukti yang sah. Jika masukan atas DCS tidak dilengkapi dengan nama dan alamat jelas si pengirim serta foto kopi identitas diri, maka KPU tidak akan memproses masukan tersebut.  Masukan masyarakat atas DCS, diterima paling lambat 9 Oktober 2009.
  • UPDATE (06/10/08): Bawaslu memikirkan kemungkinan meminta Komisi Pemilihan Umum untuk mengundurkan batas waktu pengumuman daftar calon sementara. Batas 9 Oktober dirasa tak efektif bagi masyarakat untuk menanggapi calon wakil rakyat. Demikian laporan kompas.com.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s