Nama Caleg Ganda (Masih) Akan Diklarifikasi

Ada kasus pencalonan nama yang sama di dua parpol, atau dicalonkan di dua dapil. Tapi KPU masih memberi kesempatan kepada parpol untuk mengklarifikasi. Kenapa tidak langsung dicoret saja itu nama ya? Jelas-jelas melanggar kok…

Jakarta, Kompas – Dalam Daftar Calon Sementara yang diumumkan Komisi Pemilihan Umum pada Selasa (7/10) ditemukan beberapa nama caleg yang dicalonkan di dua daerah pemilihan atau dua parpol berbeda. Saat ini KPU masih meminta klarifikasi dari parpol untuk dua nama caleg ganda tersebut.

Anggota KPU, Endang Sulastri, Selasa, mengatakan, sebelum Daftar Calon Sementara (DCS) keluar, sudah ada beberapa caleg yang mengundurkan diri di salah satu daerah pemilihan (dapil), tetapi KPU belum memprosesnya karena masih akan diklarifikasi kepada parpol yang bersangkutan. ”Kami tidak mencoretnya, nanti parpol sendiri yang akan menarik calegnya. Jadi nanti yang dicoret hanya nama di satu dapil,” kata Endang.

Nama caleg ganda itu seperti Indra Sahnun Lubis yang dicalonkan Partai Hanura di daerah pemilihan Jatim IV nomor urut 2 serta Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (Riau I nomor 1); Eggi Sudjana yang dicalonkan Partai Persatuan Pembangunan (PPP, DKI Jakarta II nomor 3) dan calon anggota Dewan Perwakilan Daerah dari Jawa Barat; Misnan Siregar yang dicalonkan PPNUI (Sumut II nomor 1) dan Asep Ahmad Maoshul dicalonkan PKB (Jawa Barat X nomor 1) dan PPP (Jabar XI nomor 1).

Namun, menurut Endang, apabila parpol tidak menarik nama caleg yang ganda, KPU akan mencoret nama caleg di kedua dapil. ”Saya sudah serahkan surat pengunduran diri beberapa caleg kepada Pokja Pencalonan Setjen KPU untuk segera diproses,” katanya.

Secara terpisah, Direktur Eksekutif Cetro Hadar N Gumay mengatakan, sebaiknya KPU langsung mencoret nama caleg yang ganda di dua dapil, tanpa harus mengklarifikasi kepada parpol. ”Inilah kekeliruan KPU, yang tidak cermat dalam meneliti DCS. Tak mungkin caleg itu tidak tahu kalau dicalonkan di dua dapil. Jadi memang ada unsur kesengajaan untuk memanfaatkan peluang,” kata Hadar. (SIE)

Sumber: http://cetak.kompas.com

Reblog this post [with Zemanta]

5 thoughts on “Nama Caleg Ganda (Masih) Akan Diklarifikasi

  1. Pernyataan yang dilontarkan KPU selalu berubah-ubah dan tidak satu suara. Ada yang mengatakan langsung coret, ada yang akan melakukan klarifikasi dulu ke ParPol dan Calegnya.

    Kalau KPU komitmen dengan pernyataan pada tanggal 16 september di banyak media massa untuk mencoret caleg dengan Parpol Ganda seharusnya nama caleg tidak muncul di DCS. Kalaupun lolos verifikasi seperti halnya Asep Maoshul sudah seharusnya KPU langsung mencoretnya.

    Salah satu caleg Parpol Ganda ramai dibicarakan di forum kaskus.

    Link : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=1113340

    Terimakasih atas infonya, Bung. Kami akan re-post disini thread-nya.

  2. Alhamdulillah seorang Marissa Haque yang saya kenal dari dahulu belum berubah. Cerdas, teliti, dan sangat detail didalam istiqomah bekerja. Kami bangga kepadamu nak. Kami mendoakan semoga di Kota Bandung dan cimahi Jabar 1 nanti walaupun ananda hanya diberikan oleh PPP di nomor urut 2, namun kami dari Masjid Salman ITB akan full memback up ananda sang solehah ini. Indonesia memerlukanmu nak. Maju terus dan pantang mundur membela kebenaran. Allahu Akbar.

    Uhm… Marissa sudah selesai dengan tuntutannya sama si Ratu Atut tea?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s