Mampus Rilis Lagi Daftar Politisi Busuk

Friday, 28 November 2008

BANDUNG (SINDO) – Seolah tak gentar dengan langkah hukum orang-orang yang gerah dengan pengumuman daftar politisi busuk pada Oktober lalu, LSM Masyarakat Melawan Politisi Busuk (Mampus) kemarin kembali mengumumkan daftar serupa dengan jumlah nama lebih banyak. Dalam daftar terbaru ini, setidaknya ada 19 nama calon legislator (caleg) yang dikategorikan politisi busuk  yakni 8 untuk DPRD Kota Bandung, 1 nama caleg DPRD Kabupaten Garut, 1 untuk DPRD Kabupaten Bandung, 5 DPRD Jabar, dan 4 caleg DPR RI.

Politisi Busuk Versi Mampus:

8 Caleg DPRD Kota Bandung:
1. Adi Mulyadi (Partai Golkar)
2. Deden Rukman Rumaji (PAN)
3. Jhonny Hidayat (Partai Golkar)
4. Kadar Slamet (Partai Demokrat)
5. Achmad Nugraha (PDIP)
6. Endrizal Nazar (PKS)
7. Tedy Rusmawan (PKS)
8. M Iqbal Abdul Karim (PAN).

5 Caleg DPRD Jawa Barat
1. Dedi Suryadi (PPP). Kasus APBD-gate Kabupaten Garut 2001-2003
2. Iyos Somantri (Partai Golkar)
3. Saparudin (Partai Demokrat)
4. Yod Mintaraga (Partai Golkar)
5. Kusmeni S Hartadi (Partai Golkar)

4 Caleg DPR RI
1. Ahmad Adib Zein (PAN). Dugaan penggelapan dana masyarakat BPR Mardlotillah. Adib mengaku kasus 15 tahun lalu di BPR miliknya sudah tuntas.
2. Imam Wahyudi (PAN)
3. Djoemat Tjiptowardoyo (PDIP)
4. Gatot Cahyono (PDIP)

1 Caleg DPRD Garut
Dikdik Darmika (PDIP). Diduga terlibat kasus dugaan penipuan proyek.

1 Caleg DPRD Kabupaten Bandung
Kurniaturi (PPP). Dituding jadi rentenir di Pasar Caringin dan Pasar Banjaran.

“Kesembilan belas nama politisi yang kami rilis ini adalah berdasarkan laporan dari masyarakat. Ini bentuk pertanggungjawaban kami kepada warga yang peduli terhadap daerah mereka,” ujar Koordinator Mampus Suryawijaya dalam konferensi pers di Sekretariat Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Jabar Jalan Piit Kota Bandung, kemarin.

Menurut Surya, pihaknya hanya mengumumkan  laporan dari masyarakat dan tidak mengklarifikasinya. “Kami justru menunggu klarifikasi dari pihak-pihak yang dilaporkan dan segera menyosialisasikan hasilnya kepada masyarakat mendekati pemilu nanti,” jelas Surya yang  mengaku belum menerima panggilan dari Polwiltabes Bandung atas laporan pencemaran nama baik oleh tiga caleg DPRD Kota Bandung yang disebut Mampus sebagai politisi busuk beberapa waktu lalu.

Salah satu caleg yang masuk daftar politisi busuk, Achmad Nugraha, membantah dirinya tidak membela karyawan dalam kasus RS Kebonjati. Tudingan itu yang membuat Achmad masuk daftar politisi busuk. “Saya ini yang paling keras usahanya membela kawan-kawan dari Kebonjati. Jadi, terimakasih sudah menganggap saya busuk, coba Mampus klarifikasi dulu. Jangan gegabah. Ini bukan hanya pertanggung jawaban di dunia tapi juga di akhirat,” tegas Achmad yang mengaku tak akan melancarkan langkah hukum apapun terhadap Mampus. Adib Zain juga tidak akan menggugat Mampus. “Saya hanya akan mendatangi mereka besok (hari ini),” katanya.

“Politisi busuk” lainnya, Endrizal Nazar yang dituding menjadi satu dari 11 anggota Pansus DPRD untuk Raperda Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) Kota Bandung, menyatakan dirinya justru  termasuk wakil rakyat yang menolak Perda RTRW diterbitkan. Perda ini dinilai sebagian masyarakat membuka peluang lebar kerusakan lingkungan di Kawasan Bandung Utara (KBU). “Dalam proses voting saya yang menolak. Kalau memang tanggung jawab kolektif, berarti semua anggota DPRD Kota Bandung busuk,” jelas Endrizal yang mengaku akan mengontak Mampus. (krisiandi sacawisastra)

One thought on “Mampus Rilis Lagi Daftar Politisi Busuk

  1. Dengan diterbitkannya para politisi busuk, jadi masyarakat tau supaya tidak salah pilih, jangan sampai para caleg yg terlibat kasus bisa masuk, nanti negara malah banyak dirugikan. Pilihlah orang yang dapat dipercaya dan dapat memperjuangkan kepentingan masyarakat dari pada kepentingan pribadi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s