PAN, Gerindra, dan Hanura Lebih Berpeluang

Wawancara dengan Pengamat Politik Tabrani M Soleh

PEMILU 2009, sepertinya akan menjadi peluang yang cukup bagus bagi tokoh politik pemula ketimbang tokoh-tokoh politik yang telah populer seperti pada Pemilu 2004. Karena itu, sejumlah partai politik (Parpol) yang mengusung tokoh politik pemula lebih diyakini akan lebih berpeluang untuk menang di Pemilu mendatang.

Pengamatan politik di Jambi Tabrani M Soleh dalam wawancara khusus dengan Pelita, Minggu (4/1) mengakui, sejumlah partai politik yang mengusung tokoh pemula akan lebih punya peluang ketimbang sebaliknya. Misalkan saja, Partai Amanat Nasional (PAN), Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), dan Hati Nurani Rakyat (Hanura), telah menumbuhkan sebuah keyakinan untuk mendulang suara di Pemilu 2009, ketimbang Partai Golkar, PDI-Perjuangan, dan PPP yang sebelumnya partai politik yang telah mendulang sukses di Pemilu 2004.

Untuk mengetahui seperti apa peta politik di Jambi di Pemilu 2009 nanti, serta seberapa besar peluang partai politik yang baru muncul di Pemilu 2009. Berikut petikan wawancaranya:

Seperti apa percaturan politik di Jambi dalam menghadapi Pemilu 2009?

Partai politik yang sukses di Pemilu 2004 tentunya akan sulit untuk diprediksikan akan kembali memperoleh sukses di Pemilu 2009 nanti. Sebab, partai-partai besar akan menghadapi partai-partai kecil namun memiliki kader yang popularitasnya cukup baik sehingga memang partai besar tidak bisa berdiam diri, sehingga harus betul-betul menguras energinya dengan berbagai strategi politiknya supaya dapat mendulang suara.

Terlebih lagi, disamping adanya keputusan Mahkamah Konsitusi (MK) bahwa sekarang ini calon legislatif (Caleg) yang akan duduk di DPRD atau di DPR-RI tidak didasarkan nomor urut tetapi didasarkan kepada perolehan suara. Artinya, bahwa masyarakat sebagai yang menentukan pilihan nanti dia tidak melihat dari partainya tetapi melihat dari figurnya. Sepanjang figur itu melakukan all out untuk melakukan pendekatan-pendekatan kepada masyarakat itulah yang akan bisa unggul menjadi partai-partai yang akan memenangkan di dalam memperoleh kursi di DPR.

Oleh karena itu, bahwa partai besar tidak ada jaminan bahwa dia akan dapat menduduki kursi di DPR itu kalau tidak melakukan upaya-upaya yang strategis dalam rangka untuk mengambil simpatis dari masyarakat itu sendiri.

Kalau Anda lihat, apakah PDI-P, Partai Golkar, PPP, dan PAN sudah melakukan seperti itu?

Saya fikir secara keseluruhan partai-partai besar, baik itu PAN, PDI-P, Partai Golkar, dan termasuk juga PPP sudah melakukan upaya itu, tetapi tentu harus dibarengi dengan figur-figur yang ditempatkan di dalam daerah pemilihan (Dapil) yang ada di Provinsi Jambi ini betul-betul dikenal di tengah-tengah masyarakat. Sebab, tanpa itu semua saya fikir akan mengurangi simpati dari masyarakat. Figur-figur dalam artian seperti itu tidak hanya figur yang populer, tetapi juga figur-figur yang ada di Caleg-caleg itu harus melakukan upaya ke bawah untuk mendekati dan mengambil simpati masyarakat secara langsung.

Tidak hanya duduk manis tetapi memang melakukan langkah konkret apanya yang dimaui oleh masyarakat, baik yang berkaitan fasilitas umum, terkait dengan kepentingan kesejahteraan masyarakat. Saya fikir, partai-partai besar ada yang telah melakukannya. Tetapi untuk ke depan ini, apalagi ini sudah tahun 2009, mereka tentu harus melakukan upaya yang lebih optimal lagi.

Seperti apa persentanse yang telah dilakukan partai-partai besar itu?

Kalau saya lihat bahwa ke empat partai besar seperti PAN, PDI-P, Partai Golkar dan PPP kekuatannya berimbang, tetapi PAN saya melihat di Jambi ini memiliki figur yang cukup populer memang PAN diketuai oleh H Zulkifli Nurdin yang notabene Gubernur Jambi, jadi jika dibandingkan dengan partai-partai lain mungkin PAN akan lebih unggul di daerah Provinsi Jambi di Pemilu 2009.

Menurut Anda seperti apa pula terhadap partai lapisan bawah, seperti Gerindra dan Hanura dalam menghadapi keempat partai besar tersebut?

Partai-partai yang baru muncul di Pemilu 2009, seperti Gerindra, Hanura, dimana Gerindra yang diketuai Prabowo serta Hanura yang diketuai Wiranto, dengan melakukan sosialisasi cukup efektif dengan menyentuh kaum tani, kelompok nelayan, dan segala macam, saya fikir secara nasional berpeluang menjadi partai yang besar.

Oleh karena itu, Gerindra, Hanura tidak menutup kemungkinan tahun 2009 akan menyaingi partai-partai yang selama ini telah dianggap sebagai partai besar, seperti Partai Golkar, PDI-P dan yang lainnya.

Bagaimana Anda melihat tokoh-tokoh lokal yang belum populer terkait peluangnya di Pemilu 2009?

Saya fikir dengan munculnya tokoh-tokoh lokal yang belum populer dimunculkan partai-partai baru yang memang sebagian begitu belum populer, namun ketidak populerannya itu kalau dia lakukan upaya sosialisasi secara langsung kepada masyarakat, dan kemudian menyentuh dengan kepentingan-kepentingan masyarakat, tentunya pula bukan satu hal yang tidak mungkin bahwa mereka itu akan mendapat simpati yang sangat besar dari masyarakat, dibandingkan tokoh-tokoh yang sudah populer, yang sudah piawai di dunia politik karena masyarakat sekarang ini melihat bahwa, tokoh-tokoh lama, tokoh-tokoh yang sudah populer toh yang selama ini telah bercokol di dewan perwakilan rakyat, tetapi ada sebagian masyarakat menganggap tidak memberikan kontribusi yang signifikan kepada perubahan-perubahan yang terkait dengan kesejahteraan masyarakat.

Maka dengan demikian, masyarakat beranggapan perlu adanya figur baru yang masih energik, yang lebih peduli terhadap kepentingan masyarakat sehingga ada kemungkinan dengan prinsif ingin melakukan suatu perubahan mereka tidak memilih figur yang lama tetapi memilih figur-figur yang baru. Sepanjang, figur-figur yang dimunculkan dari partai-partai baru itu betul-betul memiliki program dan misi-misi yang jelas untuk membawa perubahan-perubahan membawa kesejahteraan masyarakat itu.

Karena itu, sistem melakukan upaya pendekatan kepada masya rakat dengan cara door to door (rumah ke rumah-Red), kemudian melakukan turun langsung ke bawah itu akan lebih efektif dibandingkan mereka melakukan kampanye seperti yang dilakukan selama ini.

Bagaimana dengan Partai Golkar di Pemilu 2009 nanti?

Kalau saya lihat, dengan masih dominannya Partai Golkar menempatkan tokoh-tokoh lamanya di pencalegan pada Pemilu 2009, bukan tidak mungkin Partai Golkar akan digilas oleh partai-partai yang memunculkan figur-figur baru, yang masih energik, lebih memiliki sosial atitude kepada kepentingan masyarakat, karena memang Golkar saya lihat bahwa yang didudukan sebagai calon sekarang adalah figur-figur lama.

Jadi, dengan figur yang lama itu masyarakat sudah menilai bahwa sejarah masa lalu, sudah teruji sudah terlihat. Sehingga, masalah, mungkin figur yang lama itu tidak membawa perubahan yang terlalu drastis kepada kesejahteraan masyarakat. Biasanya, figur-figur baru yang lebih merespon kepentingan masyarakat.

Bagaimana dengan PDI-P dan PPP?

Kalau saya lihat, PDI-P dan PPP di Provinsi Jambi, ya kurang lebih lah seperti yang dialami Partai Golkar sekarang ini.
Sedangkan PAN seperti apa?  Tentu, PAN ada kelebihannya dengan keunggulan kompetitifnya itu karena memang untuk sekarang dipegang dengan figur seorang gubernur, sehingga gubernur dengan konco-konconya itu akan lebih leluasa untuk memainkan birokrasinya itu untuk mempengaruhi masyarakat.

Seberapa besar pengaruh birokrat yang akan dimainkan PAN di Jambi pada Pemilu 2009 nanti?

Saya tidak akan bisa memprediksikan terlalu jauh bahwa birokrasi akan memainkan perannya, tetapi paling tidak bahwa itu akan diupayakan oleh yang mempunyai desesen maker di situ untuk menggunakan birokrasi itu gampang untuk dapat mempengaruhi massa pemilih itu sendiri.

Kalau persentasenya sulit dianalisa, tetapi paling tidak itu akan dilakukan untuk mengatrol suara PAN di Pemilu 2009 di Jambi. Karena itulah Panwas Pemilu dan pihak-pihak terkait tidak mesti tinggal diam akan memonitor dan mengawasi prilaku birokrat yang menggunakan anggaran-anggaran APBD segala macam yang tidak berkepentingan yang legal.
Karena itu, berdasarkan pelajaran pengalaman sekarang ini mereka akan mempergunakan power untuk mempengaruhi massa, dan tinggal lagi kecerdasan masyarakat akan diuji melalui kesadaran politik melihat fenomena yang ada itu.

Apa juga karena ada kaiitannya sejumlah kepada daerah di Jambi berasal dari PAN?

Tentu, dan ini yang saya fikir itu yang membuat PAN akan lebih leluasa, seperti di Kabupaten Muaro Jambi, Kabupaten Sarolangun, Tanjung Jabung Timur, itu juga bisa membuat suara PAN lebih unggul dibandingkan partai yang lain. (noer faisal)

Sumber: Harian Umum PELITA

2 thoughts on “PAN, Gerindra, dan Hanura Lebih Berpeluang

  1. PESAN DARI SURGA BUAT PARA KORUPTOR

    Engkau menuliskan senandung nyanyianmu di atas wajah suci kaummu; lalu engkau membiusku dan perlahan-lahan merampas hartaku… seperti itulah yang dilakukan para koruptor…

    Demikianlah, negara ku kini menduduki peringakat 3 negara terkorup se-Asia Tenggara, dan aku lemas, lunglai tak berdaya di tengah melimpahnya kekayaan kita. Kalbuku mengerang kesakitan, ku meraung kepedihan menahan luka gores sayatan yang menggores batin ini oleh perselingkuhan orang kepercayaan.

    Dulu dalam fahamku, kau ku pilih karena kau orang yang tepat di posisimu, kau pengelola managemen dasyat dari segala kehebatan negeriku. Maka itu ku serahkan tanpa syarat semua kepadamu. Dengan maksud kita bersama-sama menyeberangi tepian bahagia menjadi bangsa bermartabat.

    Tapi kini, rencana janjimu adalah angin lalu, semua ucapan manis mu kau buang di ngarai hampa. Ketahuilah semua kepalsuan yang kau ucapkan, aku tak percaya lagi!! Aku tidak ingin bersama mu di pemilu 2009 mendatang.

    Semalam dua sebelum anggota KPK datang menjemput, aku mempersiapkan sepatah dua patah untuk kusampaikan kepadamu, namun engakau persiapan hanyalah persiapan, aku tak bisa melepas siratan hati karena penjagaan ketat garda polisi.

    Sekarang di antara persidangan hati sekalian, aku katakan kepadamu ” aku akan boikot pemilu tgl 5 april 2009, kami akan golput!!!” agar kau merasakan seperti apa luka yang kau berikan.

    sumber : http://www.asyiknyaduniakita.blogspot.com

    Semoga pesannya sampai pada yang berhak…😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s