Komitmen Para Balon Walikota Bandung

Dalam rangka memperingati hari Lingkungan Hidup Sedunia, pada tanggal 5 Juni 2008, bertempat di Lebak Siliwangi, Koalisi Masyarakat Bandung Bermartabat (KMBB) mengadakan acara yang dihadiri oleh para Bakal Calon Walikota Bandung. Acara diskusi difokuskan pada tema lingkungan dan penataan ruang, di antaranya adalah isu mengenai akan dibangunnya Blitz Megaplex di Lebak Siliwangi. Suatu rencana yang menyalahi fungsi Lebak Siliwangi sebagai daerah resapan air dan Ruang Terbuka Hijau.

Dalam diskusi itu para Bakal Calon sepakat, jika terpilih mereka akan mempertahankan fungsi Lebak Siliwangi sebagaimana seharusnya. Bahkan Para Bakal Calon menandatangani surat pernyataan kesediaan mengakomodir agenda warga Kota Bandung, sebagaimana dituliskan di bawah ini. Coba lihat sekarang, apakah mereka masih tertarik menepati janjinya?

AGENDA WARGA KOTA BANDUNG

UNTUK CALON WALIKOTA BANDUNG PERIODE 2008-2013

Kenyataan saat ini, Kota Bandung didera berbagai persoalan sosial, ekonomi, hukum, lingkungan, tata ruang, dan budaya yang belum terselesaikan. Berbagai macam kebijakan pembangunan yang telah dikeluarkan oleh pemerintahan Kota Bandung belum sepenuhnya memberikan jaminan kesejahteraan, keadilan dan kemakmuran bagi setiap warga kota sebagai pemegang kedaulatan.

Kebijakan yang dikeluarkan melahirkan berbagai kasus dan konflik di setiap aspek kehidupan warga kota. Pembangunan di Kawasan Bandung Utara yang membabi buta, banjir di sebagian kawasan perkotaan, peminggiran terhadap pelaku ekonomi di pasar-pasar tradisional, berkurangnya ruang terbuka hijau (RTH) yang bisa digunakan publik, menjamurnya pembangunan-pembangunan mall, hotel dan gedung bertingkat yang tidak ramah lingkungan, konflik pembangunan PLTSa di kawasan pemukiman Gedebage adalah sebagian kecil dari sekian banyak persoalan yang terjadi.

Permasalahan-permasalahan yang terjadi disebabkan oleh pelaksanaan tata pemerintahan kota yang buruk, salah urus dan diskriminatif. Kebijakan Walikota Bandung selama ini sebagian besar memihak dan menguntungkan bagi para pengusaha dan pemodal, belum memihak pada warga kota dan tidak berpihak pada perbaikan kualitas tata ruang dan lingkungan hidup kota Bandung.

Melihat fakta bahwa permasalahan pokok terletak pada tata pemerintahan kota yang buruk dan tidak menunjunjung tinggi keadilan dan kemanusiaan, maka kami warga kota Bandung yang tergabung dalam KMBB mendesak Calon Walikota Bandung periode 2008-2013 untuk melaksanakan agenda-agenda warga sebagai berikut:

  1. Mewujudkan terselenggaranya tata pemerintahan kota yang bersih, berwibawa, tidak koruptif, aspiratif dan berpihak pada rakyat yang terpinggirkan.
  2. Menjamin keberlangsungan pasar-pasar tradisional dan Pedagang kaki lima yang semakin terpinggirkan
  3. Memenuhi dan menjamin ketersedian 30 % ruang terbuka hijau (RTH) dan ruang-ruang publik yang mudah untuk diakses warga
  4. Menghentikan dan mencabut ijin segala pembangunan-pembangunan yang membabi buta dan merugikan warga dan merusak kualitas lingkungan di kawasan Bandung Utara
  5. Membuat kebijakan pengelolaan persampahan kota yang berbasis masyarakat/warga
  6. Menjamin akses transportasi yang mudah dan nyaman bagi warga
  7. Menghentikan segala bentuk praktek kekerasan atau premanisme terhadap warga

Demikianlah kesepakatan ini kami buat dengan sadar dan bertanggung jawab.

Lebak Siliwangi, 5 Juni 2008

Koalisi Masyarakat Bandung Bermartabat (KMBB)

Rahmat Jabaril (ditandatangani)
Bakal Calon Walikota Bandung

Periode 2008-2013

Ayi Vivananda (ditandatangani)
Hetifah Sjaifudian (ditandatangani)
Hudaya Prawira (ditandatangani)
Sinar Budi Arta – Arry Akhmad Arman (ditandatangani)
Taufiqurrahman (ditandatangani)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s