Kekisruhan Politik Jelang 6 hari Pemilu

Dari kompas.com, nemu tiga artikel yang ketiganya berbau ‘negatif’. Bahkan pada saat 6 hari menjelang pemilu, kekisruhan macam begini masih tereskalasi. Semuanya bisa bermuara pada perilaku politisi kita. Uhm…

Berikut 3 artikel menarik soal kekisruhan seputar pemilu kita:

SBY-JK Dinilai Lalai

Menurut pengamat hukum tata negara, Irman Putra Sidin dan Saldi Isra, yang dihubungi secara terpisah di Jakarta, Kamis (2/4), kekuasaan pemerintahan tidak boleh dibiarkan kosong, seperti pada Kamis ketika Presiden berada di London menghadiri pertemuan G-20, sementara Jusuf Kalla cuti kampanye ke Malang.

”Mereka berdua sudah mulai tak saling cinta. Kehangatan sudah mulai berubah dusta. Ironisnya, mereka berdua lalai dengan mengorbankan UUD 1945,” kata Irman. (ANA/SUT)

Rupanya Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga tidak mengenal contreng. Terpaksa kata ini dimiringkan, sebagai tanda asing, untuk menghargai puluhan munsyi yang telah letih menggali, meneliti, menderetkan, menjalin, merangkai, dan jadilah dia vokabuler. Barangkali kita teramat sering mengumpetkan rasa peduli kita dalam bertutur dan mungkin karena kita menganggap itu kurang penting. Jelas ini tidak terpuji.

Hari-hari ini di jalan raya antara Solo dan Tawangmangu dapat ditemukan poster-poster seorang calon anggota legislatif diiringi pesan ”Ko- ruptor di DPR, bacok ndhasé” (Koruptor di DPR, bacok kepalanya).

Freire akan cenderung menyebut kampanye politik hate speech bukan sebagai ”komunikasi”, melainkan sebagai ”komunike”; bukan sebagai pemberdayaan atau tindakan ”mencerdaskan kehidupan bangsa”, tetapi sebagai aktivitas yang ”melestarikan kebodohan bangsa”.

Yang menarik adalah soal kata Mencontreng. Masak, bangsa Indonesia, yang katanya berbahasa Indonesia, tetapi tidak mengenal bahasa nasionalnya sendiri? Siapa pula yang harus bertanggung jawab? KPU? UHm…

Sumber: cetak.kompas.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s