Kejelekan Capres-Cawapres Boleh Diberitakan

Dari Yahoo-news.com

Liputan6.com, Padang: Media massa boleh menerbitkan pemberitaan mendetail mengenai calon presiden dan calon wakil presiden, terutama kejelekan saat berkampanye. “Namun, wajib memiliki fakta akurat serta narasumber yang kapabel,” kata Leo Batubara, pengamat media massa, di Padang, Sumatra Barat, Ahad (14/6), seperti dikutip ANTARA.

Leo mengatakan, pemberitaan soal capres dan cawapres memang harus disiarkan supaya masyarakat mengetahui lebih jauh tentang calon pemimpin mereka di masa mendatang. “Yang tidak boleh adalah pemberitaan ngawur atau tanpa bukti, karena ini sama saja dengan fitnah,” ucap Leo.

Menurut Leo yang juga anggota Dewan Pers, semua pemberitaan kampanye di radio serta televisi harus independen karena sudah diatur undang-undang. “Kedapatan dan terbukti melanggar dapat didenda, dilarang siar serta dapat dicabut izin operasional,” ujar Leo.

Sebaliknya, media cetak justru dibebaskan, dalam arti boleh netral atau independen di atas segala golongan atau berpihak ke salah satu calon. “Cuma, kalau mau disebut koran nasional, isi pemberitaannya harus objektif serta sesuai kenyataan,” jelas Leo.

Dia menegaskan, capres dan cawapres yang diberitakan juga tidak boleh marah. “Kalau berita tersebut benar, faktual dan diungkapkan oleh orang dipercaya, apa masyarakat tidak boleh mengetahuinya,” kata Leo.(ANS)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s