“Membongkar Kejahatan Golkar”

Sekedar mengingatkan, agar tidak mudah tertipu. Dari sebuah Milis yang judul aslinya adalah Pernyataan Panitia Seminar “Membongkar Kejahatan Golkar”.

Golkar harus dimintai pertanggungjawabannya atas segala perbuatannya sebagai mesin politik utama Orde Baru yang telah menyengsarakan sebagian besar rakyat Indonesia. Di antara sekian banyak perbuatan Golkar yang patut dimintai pertanggungjawaban demi keadilan adalah:

Dalam bidang ekonomi, Golkar telah mempromosikan bentuk pembangunan yang bergantung pada hutang luar negeri dan hutang tersebut harus dibayarkan oleh rakyat Indonesia bahkan dari generasi yang hingga kini belum dilahirkan. Terdapat indikasi kuat bahwa banyak di antara hutang luar negeri tersebut telah dikorup untuk kepentingan mempertahankan kekuasaan dan memperkaya diri sendiri elit politik Golkar. Golkar juga telah menjadikan entitas ekonomi terutama BUMN sebagai sumber keuangan mereka secara tidak sah. Golkar juga harus dimintai pertanggungjawabannya atas penghancuran lingkungan Indonesia karena perannya dalam memberikan konsesi bagi usaha pertambangan mineral dan kehutanan yang menegasikan prinsip-prinsip pengelolaan yang berkelanjutan demi mengejar rente ekonomi semata.

Dalam bidang politik, Golkar secara terang-terangan telah melakukan sejumlah kecurangan dalam setiap Pemilihan Umum dengan terutama melakukan praktik-praktik politik uang serta pemaksaan untuk memperoleh dukungan atas partainya. Praktik ‘serangan fajar’ pada hari Pemilihan Umum sangat  banyak dilaporkan dan telah dituliskan dalam banyak laporan penelitian. Upaya memperoleh tambahan kursi di MPR dengan jalan yang tidak benar juga  ditengarai banyak dilakukan oleh Golkar.

Dalam bidang HAM, Golkar bersama-sama dengan militer telah mencabut hak untuk merasa aman bagi sebagian rakyat Indonesia dengan melakukan tindakan-tindakan represif dan penuh kekerasan. Tindakan-tindakan itu telah menghancurkan hidup bahkan menghilangkan kehidupan banyak rakyat Indonesia. Kekerasan terhadap perempuan dalam segala hal juga merupakan ciri praktik Orde Baru yang disokong oleh Golkar. Terdapat indikasi yang sangat kuat bahwa Golkar yang menjadi penyokong utama Orde Baru lalu kemudian masih diberi kesempatan untuk mengikuti Pemilihan Umum tidak melakukan upaya-upaya perbaikan diri apapun hingga sekarang. Kekerasan politik di parlemen yang ditunjukkannya serta pengaruh negatifnya yang masih sangat kuat dalam penyelenggaraan pemerintahan menjadi bukti bahwa eksistensi Partai Golkar menjadi penghambat utama demokratisasi yang dicita-citakan oleh gerakan reformasi. Oleh karena itu, maka Panitia Seminar “Membongkar Kejahatan Golkar” menyatakan:

  1. Memberikan dukungan sepenuhnya bagi upaya-upaya untuk meminta pertanggungjawaban Golkar dan para pendukungnya di hadapan pengadilan yang adil dan bebas dari intervensi apa pun. Apabila dalam proses hukum Golkar terbukti bersalah, maka Golkar harus dibubarkan.
  2. Mendorong setiap unsur masyarakat untuk membantu proses pengadilan terhadap Golkar dengan terutama memberikan bukti-bukti kejahatan Golkar dan para pendukungnya di segala bidang dan wilayah.
  3. Mendukung pembersihan unsur-unsur Orde Baru dari jabatan eksekutif, legislatif dan judikatif.
  4. Menuntut eksekutif, legislatif dan judikatif untuk melakukan reformasi hukum dengan mencabut produk hukum yang berlaku pada masa Orde Baru yang tidak demokratik, represif dan mengabaikan keadilan gender.
  5. Mendorong upaya-upaya penyitaan harta pejabat dan mantan pejabat negara serta pengusaha yang diperoleh melalui cara-cara koruptif dan kolutif.
  6. Meminta eksekutif untuk mengkaji ulang pembayaran hutang luar negeri dan menolak membayar hutang luar negeri yang telah diselewengkan untuk kepentingan di luar kesejahteraan rakyat Indonesia.

Kampus Universitas Indonesia Depok, 30 Juni 2001

Forum Kajian Sosial, Pascasarjana Sosiologi UI

Sumber: http://groups.yahoo.com/group/indonesia_damai/message/8901

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s