KPK: BI Memang Bertugas Bantu Bank Sakit

RMOL. Komisi Pemberantasan Korupsi sepertinya membenarkan Bank Indonesia mengucurkan dana talangan sebesar Rp 6,7 triliun untuk Bank Century. Karena pada saat itu Bank Century sedang membutuhkan bantuan dari BI.

“Sektor perbankan pada waktu itu, tahun 1997-1998, itu mekanismenya memang ada. Bahwa BI membantu memberikan dukungan pendanaan, agar aspek solvabilitas dan likuiditasnya itu bisa bagus, memang tugasnya BI. Jadi kalau BI mengucurkan dana itu dengan mekanisme yang disahkan UU,” ujar wakil KPK M Jasin kepada wartawan di gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan (Rabu, 8/12).

M Jasin juga menjelaskan, bahwa tidak ada penyalahgunaan wewenang dalam kebijakan bailout Bank Century. Dia menjelaskan, penyalahgunaan wewenang harus terlebih dahulu ada indikasi pelanggaran undang undang. “Penyalahgunaan kewenangan itu, harus ada indikasi pelangaran UU-nya,” jelasnya.

Karena itu, KPK juga sudah melakukan penelitian terhadap UU yang berkaitan dengan  hal tersebut. Misalnya, KPK meneliti soal perubahan Peraturan Bank Indonesia yang menurunkan syarat mendapatkan fasilitas pendanaan jangka pendek dari rasio kecukupan modal (capital adequate ratio/CAR) 8 persen menjadi CAR positif.

“Misalnya, berubahnya PBI 26 menjadi PBI 30. Apa menyalahi, apakah ini benar sesuai dengan kewenangannya, apakah ada cantolannya, merifer ke Bank Century itu kewenangannya apa,” ujar Jasin.

Kasus bailout Bank Century ini jelas Jasin, berbeda dengan kasus dana Yayasan Pengembangan Perbankan Indonesia (YPPI) BI. Karena dalam kasus yang melibatkan Burhanuddin Abdullah ini jelas ada niat jahat untuk menyalahgunakan uang yayasan.

“Berbeda kasus penahanan saat kita menangani BI di masa lalu, yang melibatkan Pak Burhanuddin Abdullah. Itu betul-betul berbeda hal. Ada niat jahatnya disitu. Keluarnya uang dari yayasan dipakai untuk menyuap beberapa pihak, termasuk anggota DPR,” jelas Jasin. [zul]

rakyatmerdeka.co.id – KPK: BI Memang Bertugas Bantu Bank yang Sakit http://ht.ly/1amFul

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s