Dana Partai Gerindra paling transparan, PKS paling tertutup

INILAH.COM, Jakarta – Transparancy International Indonesia merilis survei bahwa dari sembilan parpol yang ada di DPR, Partai Gerinda yang paling transparan dan kooperatif dalam hal transparansi pendanaan parpol.

Gerinda mengikuti proses penilaian dalam survei dengan score 3,74, sisanya diikuti PAN dengan score 3,64, PDIP 3,10, Hanura 2,41, dan PKB 2,31. Sementara sisanya dianggap tidak terbuka soal proses pendanaan partai.

“Kami simpulkan dari sembilan parpol hanya lima yang sangat kooperatif dan transparan terhadap survei pendanaan parpol,” ungkap peneliti senior TII, Putut Aryo, di Hotel Atlet Century Park, Selasa (16/4/2013).

Putut menjelaskan, pihaknya telah melakukan survei selama Juni 2012 hingga April 2013 dengan metode pengumpulan data dilakukan secara kuantitatif yang didukung wawancara mendalam dengan informan kunci dari parpol di tingkat DPP.

“Kami memeriksa dokumen keuangan parpol, AD/ART parpol yang dibutuhkan sesuai pertanyaan penelitian apakah bersedia atau tidak, informan utama bendahara umum DPP parpol dengan catatan menguasai seluk beluk pendanaan partai dan dapat dimintai pertanggungjawabannya terhadap data yang diberikan,” kata dia.

TII bersama Komisi Informasi Pusat (KIP) bekerjasama untuk mengembangkan instrumen yang dapat mengukur tingkat transparansi pendanaan parpol melalui survei, instrumen ini berdasarkan pada UU No2. Tahun 2008 jo UU No.2 Tahun 2011 tentang Partai Politik dan UU No 14 Tahun 2008 tentang KIP. [yeh]

Namun demikian, yang berhasil disurvei hanya lima parpol, yaitu Gerindra, PAN, PDIP, PKB, dan Hanura. Di luar lima parpol itu, TII tidak melanjutkan survei karena partai yang bersangkutan tidak kooperatif.

“Partai kurang kooperatif, yaitu PKS dan Demokrat. Sementara yang tidak kooperatif adalah Golkar, sama sekali tidak membuka komunikasi dengan TII,” ucap Putut.

Sementara itu, PPP hanya sebatas membuka diri untuk audiensi. Namun TII tidak melanjutkan surveinya terhadap PPP.

http://nasional.inilah.com/read/detail/1978803/gerindra-paling-transparan-soal-dana-kooperatif

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s