Daftar Caleg Sementara Partai 02 – PKB

JAKARTA, suaramerdeka.com – Posisi kiai di Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) terancam tergusur oleh kehadiran sejumlah artis yang bakal manjadi calon anggota legislatif. Pasalnya, basis pendukung itu akan kalah popularitasnya.

Pengamat politik UI Arbi Sanit menilai langkah merekrut artis karena popularitas tidak akan mengangkat perolehan suara PKB. “Sama dengan PKB merekrut dari orang non-muslim di Papuan atau NTT, juga tidak berpengaruh, tidak menambah suara PKB,”ujar Arbi Sanit dihubungi di Jakarta, Rabu (27/2).

Hal itu diungkapkan Arbi menanggapi sikap PKB yang akan memasang sejumlah artis sebagai calon anggota legislatif dalam Pemilihan Umum 2014. Diakui Arbi, kemungkinan artis bisa mengangkat perolehan suara itu terjadi di daerah perkotaan. Sementara di pedesaan tidak banyak di kenal, lebih kenal dengan kiai yang menjdi basis partai itu.

Sebanyak sembilan artis kemarin menyatakan kesediaan untuk diusung sebagai calon anggota DPR RI di Kantor DPP PKB. Ke-9 artis tersebut adalah Sandi Nayoan, Anissa Bahar, Arzeti Bilbina, Putri Nere, Krisna Mukti, Tommy Irawan, Mandala, Saleh Ali Bawazier yang dikenal sebagai Said salam sinetron “Bajaj Bajuri, dan Ramdani Hasbullah alias Kubil yang dikenal sebagai Bang Mahdit dalam sinetron “Islam KTP”.

“Kami berharap dengan bergabungnya para artis ini akan menambah kecintaan masyarakat pada PKB,” kata Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar.

Dengan modal popularitas yang dimiliki para artis, Muhaimin berkeyakinan publik akan dengan senang hati memilih mereka, yang berarti juga meningkatkan perolehan suara PKB. “Dengan daya tarik artis kita harap biaya pemilu akan murah, tidak perlu ada politik uang,” katanya.

Menurut Muhaimin, PKB memang bertekad memerangi politik berbiaya mahal terkait pencalonan anggota legislatif yang berisiko melahirkan penyalahgunaan wewenang ketika caleg terpilih sebagai wakil rakyat.
Muhaimin juga berharap para artis yang menjadi caleg PKB tampil sebagai juru bicara sekaligus juru kampanye partai yang dipimpinnya itu.

“Kita berharap pencalegan ini tidak hanya menjadi nilai tambah bagi teman-teman artis, tapi juga membantu mendekatkan rakyat pada PKB,” katanya.

PKB akan menetapkan daftar caleg sementara akhir April mendatang. Saat ini PKB masih membuka peluang bagi kader partai itu maupun tokoh di luar partai untuk mendaftar sebagai caleg.
Sementara itu Kepala Sekretariat DPP PKB Darussalam mengatakan sebenarnya ada 12 artis yang menyatakan berminat bergabung dengan PKB.

“Tetapi yang datang hari ini memang hanya sembilan orang, yang lain berhalangan,” kata caleg DPRD DKI Dapil Jakarta Selatan itu.

Artis yang bergabung dengan PKB tersebut mengambil daerah pemilihan yang berbeda, terutama berdasarkan daerah asal mereka. Misalnya, Arzeti yang berasal dari Lampung memilih Dapil Lampung II, sedangkan Anissa Bahar yang berasal dari Jawa Timur memilih Dapil Jatim VI.

Krisna Mukti yang mendaftar sebagai caleg untuk Dapil Jawa Barat VII (Bekasi, Karawang, Purwakarta) menyatakan mendaftar sebagai caleg tidak sekadar bermodalkan popularitas.

“Kami akan buktikan artis tak hanya bermodal popularitas tapi juga punya visi dan misi untuk negara ini,” katanya. ( A Adib / CN19 / JBSM )

http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2013/03/01/147328/Kiai-PKB-Terancam-Tergusur-Artis

One thought on “Daftar Caleg Sementara Partai 02 – PKB

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s