Diskreditkan ODHA, Wirianingsih Tak Takut Gagal Pileg 2014

JAKARTA, KOMPAS.com – Politisi PKS Wirianingsih atau Wiwik mengaku tak khawatir gagal pada Pemilu Legislatif 2014 setelah mengeluarkan pernyataan yang disebut mendiskreditkan orang dengan HIV/AIDS (ODHA).

“Saya soal pilih dan tidak dipilih, saya serahkan kepada masyarakat. Saya tidak mau soal desakan itu tidak mau komentar lebih lanjut, silakan saja masyarakat yang menilai saya,” ucap Wiwik saat dihubungi Kompas.com, Minggu (14/7/2013).

Kritikan terhadap Wirianingsih, anggota Komisi X DPR RI, ramai di Twitter. Salah satunya disampaikan @ODHAberhaksehat, yang bercicit,“Yuk!: Yg terdaftar Dapil 3 DKI di 2014, hati2 sama @wirianingsih ya. Jangan pilih dia jadi wakil kita. Bikin malu!”

Menurut caleg DPR untuk wilayah Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu ini, saat ini justru banyak orang terdekat yang bersimpati kepadanya. Mereka, kata Wiwik, orang yang mengetahui rekam jejaknya di DPR.

Wiwik mengaku hanya menjalankan tugasnya sebagai anggota dewan yang mengawasi pemerintahan. “Tugas saya sebagai anggota dewan adalah untuk buat Undang-undang yang berpihak kepada masyarakat dan juga mengawasinya. Kalau salah dipahami, saya minta maaf kepada ODHA. Saya tidak bermaksud menyudutkan orang sakit untuk akibat apa pun juga,” imbuh Wiwik yang dilantik pada Mei 2013.

Pernyataan yang dinilai mendiskreditkan disampaikan Wiwik pada rapat dengar pendapat di Parlemen pada Rabu yang membahas soal pengawasan dan anggaran Kementerian Kesehatan pada RAPBN 2014. Pada rapat bersama Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi, Wiwik sempat menyinggung soal obat gratis bagi ODHA.

“Ada penyakit seperti HIV/AIDS kok malah dapat obat gratis? Harusnya mereka ada semacampunishment (sanksi) karena kesalahan mereka sendiri tidak menerapkan pola hidup sehat,” kata Wiwik.

Belakangan, Wiwik menyampaikan permintaan maaf atas pernyataannya tersebut.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s