Kampanye Demokrat bagi-bagi uang Rp 20 ribu di depan SBY

Merdeka.com – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Malang, Jawa Timur tidak hanya menemukan pelanggaran Pasal 86 ayat (1) huru (k) Undang-Undang No 8 tahun 2012, yaitu menyertakan anak-anak dalam pelaksanaan kampanyenya di Stadion Kanjuruan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Partai Demokrat juga terbukti dan tertangkap tangan bagi-bagi duit, Sabtu (22/3).

Hal ini dikatakan Devisi Penanganan dan Penindakan Pelanggaran Pemilu Panwaslu Kabupaten Malang, George Da Silva di lokasi kampanye. “Kita telah menangkap tangan ada Caleg Demokrat yang bagi-bagi uang Rp 20 ribu kepada peserta kampanye,” terang dia.

Pelaku money politic yang tertangkap itu adalah Inung dan Chofiyah. Dua-duanya sama-sama warga Kepanjen, Malang. Inung adalah koordinator lapangan yang membagikan stiker dan uang Rp 20 ribu, sedang Chofiyah, adalah penerima uang.

“Kita telah menangkap orangnya, dan menyita barang bukti berupa stiker berlogo Partai Demokrat dengan gambar di sisi kanan Caleg DPRD Jawa Timur, Agus Dono Wibawanto dan sisi kiri Caleg DPRD Malang, Dodik Herdianto,” bebernya.

George juga mengaku akan menyerahkan tersangkanya ke pihak kepolisian hari Senin (24/3). “Kita juga mengundang ahli bahasa dari Universitas Negeri Malang, Prof Anas Santoso yang akan menerjemahkan percakapan kedua tersangka (Inung dan Chofiyah) yang berhasil kita rekam,” jelas dia.

Dengan adanya kasus money politic saat kampanye Demokrat digelar di Malang ini, George mengatakan, pihaknya sia memberi sanksi tegas. “Mereka melanggar Pasal 86 ayat (1) huruf (j), yang isinya menjanjikan atau memberi uang atau materi lain ke peserta lain. Kemudian jungto Pasal 89 hurf (d), jungto Pasal 301 ayat (1) dengan ancaman hukuman dua tahun dengan denda Rp 24 juta,” tegas dia.

Tak hanya ini, masih kata dia, kami juga menemukan pelanggaran lain, yaitu mengajak anak-anak ikut berkampanye. “Kalau masalah pelanggaran mengajak anak-anak ikut kampanye ini, melanggar Pasal 86 ayat (1) huruf (k),” tandas dia.

Seperti diketahui, Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ditemani Ani Yudhoyono, Ibas Yudhoyono, calon presiden konvensi Partai Demokrat, Dahlan Iskan, Pramono Eddie Wibowo dan Gubernur Jawa Timur, Soekarwo hadir dalam kampanye terbuka di Stadion Kanjuruan, Malang, Jawa Timur.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s